Halaman



Rabu, 27 Januari 2010

Brongkos Nikmat

Brongkos, makanan khas jogja yang sangat nikmat.

Brongkos adalah masakan khas Yogyakarta yang paling jarang merantau keluar daerahnya. Sepintas mirip rawon, namun lebih tebal kuahnya karena dimasak dengan santan, dan bumbu-bumbunya pun lebih lengkap. Kehadiran kacang tolo dan tahu di dalam sajian ini pun membuatnya makin berbeda dari rawon.

Menurut saya, brongkos termasuk makanan yang mudah disukai (easy to like). Pertama, karena masakan berkuah membuatnya terasa segar, khususnya di alam tropis yang sering terik. Kedua, karena isinya terdiri dari daging sapi, kacang tolo, dan tahu yang memang merupakan bahan-bahan makanan populer yang disukai orang.

Kadang-kadang ada juga yang memasukkan telur rebus ke dalam masakan brongkos. Telur menjadi semakin padat karena direbus lama – mirip telur pindang – dan menyerap bumbunya yang gurih, sehingga menjadikan sajian ini lebih istimewa.

Pendamping yang cocok untuk brongkos adalah telur asin dan kerupuk kulit. Taburan bawang merah goreng yang renyah juga akan meningkatkan citarasa brongkos.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Pesan Lauk Buka Puasa Masakan Jawa

PESAN LAUK BUKA PUASA dengan menu aneka masakan Jawa bisa menghubungi Ibu Sujud di nomor 0813-17067744. Di sini kami menyediakan rasa ruma...